Melfanauliana

Perangkat Jaringan Komputer

Posted on: April 27, 2011

Rabu, 27 April 2011

Perangkat Jaringan Komputer

                Sebuah jaringan computer dimana satu,computer terhubung dengan computer lain memerlukan beberapa perangkat keras. Perangkat keras itu, antara lain :

1.       SERVER

Komputer server umumnya mempunyai system operasi, aplikasi dan database yang menyediakan layanan kepada computer  – computer yang lain dalam jaringan. Database yang berada di dalam server biasanya berisis data – data yang digunakan bersama – sama oleh computer – computer client . Jika, jaringan dihubungkan ke internet, computer server juga berfungsi sebagai gateway (pintu gerbang).

2.       CLIENT

Komputer Client adalah computer yang digunakan untuk melakukan pengolahan data yang diambil dari server. Computer Client menerima pelayanan dari computer server.

3.       KARTU JARINGAN

Kartu Jaringan atau LAN Card adalah perangkatkeras jaringan yang dipasang pada Motherboard (papan sirkuit yang berada pada CPU) computer yang terdapat di jaringan (baik server atau client). Pada saat ini, beberapa Motherboard sudah dilengkapi dengan LAN Card, sehingga kita tidak perlu lagi membeli secara terpisah. Kartu Jaringan memungkinkan computer – computer yang terdapat di dalam jaringan saling berkomunikasi dan bertukar data.

4.       HUB (PEMBAGI)

Hub berfungsi untuk membagi sinyal. Hub memungkinkan sebuah kabel dari computer server dihubungkan ke beberapa client. Hub juga memungkinkan jarak komputer yang dihubungkan oleh kabel jaringan menjadi lebih jauh.

5.       KABEL dan KONEKTOR (PENYAMBUNG)

Kabel dan Konektor adalah kabel jaringan yang digunakan untuk menghubungkan satu computer dengan computer yang lain. Kadang – kadang bila diperlukan diantara dua computer yang dihubungkan, ditempatkan sebuah Hub. Kabel yang umum digunakan adalah kabel UTP.

 6.       REPEATER (PENGULANG)

Repeater berfungsi untuk memperkuat sinyal. Repeater merupakan sinyal yang diterima dari computer pengirim. Sehingga kekuatan sinyal sama dengan kekuatan aslinya. Dengan menempatkan Repeater, maka jarak antara computer di jaringan dapat dibuat semakin jauh.

7.       BRIDGE (JEMBATAN)

Bridge adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan sebuah jaringan (LAN) dengan jaringan yang lain. Dengan menggunakan Bridge, maka sebuah jaringan yang lebih besar yang merupakan gabungan dari beberapa jaringan dapat kita bentuk.

8.       ROUTER

Router berfungsi untuk mengatur aliran data dari satu jaringan ke jaringan yang lain.  Dengan adanya Router, maka arus data dari satu LAN dapat diisolasi dari arus LAN yang lain. Dengan demikian, arus data dari satu LAN tidak bercampur baur dengan arus dengan data LAN yang lain. Ada 2 jenis Router yang biasa digunakan, yaitu

  • Router Dedicated

Yang merupakan keluaran dari pabrik

  • Router PC (Personal Computer)

Router PC adalah computer PC yang dibuat menjadi Router.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

April 2011
M T W T F S S
    Sep »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  
%d bloggers like this: